Hukum Perkawinan

8 Jul 2015

Tips Mengerjakan Skripsi Supaya Cepat Selesai







Tips Mengerjakan Skripsi Supaya Cepat Selesai
Skripsi kadang menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian mahasiswa, banyak mahasiswa yang kesulitan dalam menyelesaikan skripsinya, ada yang mengerjakan sampai 2 semester, ada yang 4 semester, bahkan ada pula yang lebih lama lagi.
Kali ini apik-web.blogspot.com akan share tentang tips mengerjakan skripsi, ini adalah pengalaman pribadi saya dalam mengerjakan skripsi di Fakultas Hukum Universitas Negeri ternama di Purwokerto, dimana saya alkhamdulillah dapat menyelesaikan skripsi dalam jangka waktu sekitar 6-7 bulan. Baiklah kita langsung mulai saja..


11.    Pilih tema atau materi skripsi yang kamu sukai
 Misal saya adalah mahasiswa fakultas hukum saya suka dengan materi hukum perkawinan, kemudian saya mencari judul tentang hukum perkawinan dan akhirnya setelah meminta putusan pengadilan agama untuk diteliti saya mendapat judul tentang pembatalan perkawinan. Pemilihan materi atau tema ini penting menurut saya. Ketika kita sudah jalan dalam mengerjakan skripsi kemudian ditengah jalan kita mendapat kendala atau masalah, maka jika kita menyukai materi tentang skripsi yang sedang kita kerjakan maka kita akan tetap bersemangat dalam mengerjakan skripsi. kita akan dengan senang hati mempelajari materi tentang skripsi kita karena kita memang menyukai materinya. Dan perlu diketahui bahwa hampir semua mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi mengalami kendala dalam mengerjakan skripsinya.

22. Pilih tema atau materi yang terdapat banyak referensinya di perpustakaan kampus
Dengan memilih materi atau tema skripsi yang banyak referensinya diperpustakaan kampus maka hal itu akan sangat memudahkan kita. Karena dalam mengerjakan skripsi kita harus mencantumkan 10 buku di daftar pustaka, jadi kita tak perlu repot membeli buku baru di toko buku, kita cukup pinjam saja diperpustakaan kampus. Selain mengirit biaya hal itu juga akan memperlancar skripsi kita. saya dulu sebelum memulai skripsi sudah mencari tahu terlebih dulu apakah materi skripsi saya banyak tersedia bukunya atau tidak di perpustakaan kampus, dan ternyata bukunya banyak tersedia. Pengalaman teman kuliah saya ada yang kesulitan dalam mengerjakan skripsi karena referensinya sedikit sekali, ia harus keliling mencari buku, harus mengeluarkan uang yg lumayan banyak juga untuk membeli buku. Jadi dengan memilih materi yang banyak referensinya Insyaallah akan mempermudah dalam mengerjakan skripsi. 

3. Rajinlah konsultasi dan mengerjakan revisi skripsi kita
Setelah judul skripsi kita di acc maka saatnya kita mulai proses perjuangan dalam mengerjakan skripsi, dalam mengerjakan skripsi kita harus sering konsultasi kepada dosen pembimbing, sebelum ketemu untuk konsultasi dengan dosen pembimbing persiapkanlah dulu diri kita, yaitu dengan mempelajai materi skripsi kita dan siapkan juga beberapa pertanyaan yang akan kita ajukan ke dosen pembimbing kita. Dengan melakukan persiapan tersebut maka proses konsultasi kita akan lebih hidup, akan terjadi proses diskusi yang menarik antara kita dengan dosen, dan kita pun akan bisa menjawab pertanyaan dari dosen yang kadang-kadang memberi pertanyaan seputar skripsi kita. Dan perlu juga membawa buku catatan untuk mencatat hasil konsultasi kita dengan dosen pembimbing.

4. bersegeralah dalam mengerjakan revisi
Ketika mengajukan draft skripsi kita seringkali mendapat coretan-coretan dari dosen yang berarti draft kita masih ada kesalahan, kemudian draft itu dikembalikan ke kita untuk selanjutnya direvisi. Nah bersegeralah untuk mengerjakan revisi dan sesegera mungkin diajukan kembali ke dosen pembimbing kita. Dengan mengajukan revisi dalam waktu yang cepat maka kita akan mendapat perhatian khusus dari dosen kita, kita akan dinilai sebagai mahasiswa yang rajin dan punya semangat dalam mengerjakan skripsi dan itu adalah nilai plus untuk kita. Ketika kita sudah dinilai bahwa kita adalah mahasiswa yang rajin dan punya semangat dalam mengerjakan skripsi maka kita akan lebih mudah untuk ketemu dosen kita untuk konsultasi, dan tidak menutup kemungkinan revisi kita juga akan lebih cepat di acc.

5. Berdiskusilah dengan teman yang sama-sama sedang mengerjakan skripsi
Mengerjakan skripsi itu kita kadang sendirian, menunggu dosen sendiri, mencari buku sendiri, dan konsultasi juga sendiri. Ketika kita menemui masalah tentang skripsi kita, maka berdiskusilah dengan kawan kita yang juga sedang mengerjakan skripsi, meskipun materi skripsi tidak sama tapi dengan berdiskusi kita akan mendapat informasi dan bahkan semangat baru untuk mengerjakan skripsi kita. Dengan berdiskusi dengan teman yang sama-sama sedang mengerjakan skripsi kita jadi tahu bahwa yang mengalami masalah dalam mengerjakan skripsi itu bukan Cuma kita sendiri, tapi teman–teman kita yang lain juga sama, ia juga mengalami kendala dalam mengerjakan skripsi, dan bisa jadi kendala yang mereka hadapi lebih berat dari kendala kita.   

6. berdo’a dan dekatkan diri kita kepada Allah SWT
Sebagai seorang hamba sudah sepatutnya kita meminta kepada Tuhan kita Allah SWT. Dalam mengerjakan skripsi pun kita harus banyak berdoa, dengan berdoa kita akan mendapat petunjuk tentang skripsi kita, mendapat ide-ide untuk skripsi kita dan selalu diberi semangat untuk mengerjakan skripsi kita. jika kita merasa teramat sulit dalam mengerjakan skripsi maka dengan berdoa dan mendekatkan diri kita kepada Allah Swt. Insyaallah kita akan mampu menyelesaikan skripsi kita. Karena segala sesuatu adalah dalam genggaman’Nya.. begitu juga dengan masalah yang kita hadapi dalam menyelesaikan skripsi kita. 

Mengerjakan skripsi itu bukan cuma tentang kecerdasan atau tinggi rendahnya IPK kita, ada salah seorang teman yang mempunyai IPK sudah mencapai 3,5 juga mengalami kendala dalam mengerjakan skripsi dan selesai dalam waktu yang lumayan lama.  Menurut saya skripsi juga tentang ketekunan, semangat serta kegigihan dari mahasiswa untuk bisa segera menyelesaikan skripsi. Karena pengalaman dari teman saya yang IPK nya tidak terlalu tinggi pun ada beberapa yang bisa menyelesaikan skripsinya dengan cepat.
Demikian tips-tips mengerjakan skripsi dari saya, semoga bisa membantu bagi yang sedang berjuang meraih gelar sarjana.. doaku untuk kawan-kawan  yang sedang mengerjakan skripsi.. semoga lancar skripsinya.. dan segera bisa memakai Toga di acara wisuda.. Aamiin.



No comments:

Post a Comment